OPTIMIZING SOCIAL MEDIA FOR THE MARKETING OF SMES PRODUCTS AT AL-FATIMAH ISLAMIC BOARDING SCHOOL BOJONEGORO

Penulis

  • Tyas Wulandari Saummita Universitas Negeri Surabaya Author
  • Ayu Putri Nur Sholikhah Universitas Negeri Surabaya Author
  • Nuansa Bayu Segara Universitas Negeri Surabaya Author

DOI:

https://doi.org/10.20527/kbe7my51

Kata Kunci:

Social Media, Digital Marketing, SMEs

Abstrak

Facing advancements in the digital era, micro, small, and medium-sized enterprises (SMEs) need to keep up with technological developments to remain competitive in the marketing world. Social media is one of the platforms that can be effectively utilized to digitally market products, making them accessible to a wider audience. The marketing of products from Al-Fatimah Islamic Boarding School Bojonegoro SMEs has not fully utilized social media. This article aims to propose optimal social media strategies for marketing SMEs products at Al-Fatimah Islamic Boarding School Bojonegoro. The research approach used is qualitative research with a case study method. Data is obtained through interviews with the managers of SMEs at Al-Fatimah Islamic Boarding Scholl, observation of the marketing activities already carried out, and an analysis of literature related to marketing through social media. The results of this research offer a solution by optimizing social media to enhance the marketing of SMEs products at Al-Fatimah Islamic Boarding School Bojonegoro. Practical recommendations are also provided regarding the use of specific social media platforms and promotional methods that can be implemented to expand product marketing.

Unduhan

Data unduhan tidak tersedia.

Referensi

Amin, M., Nasution, A. P., Sambodo, I. M., Hasibuan, M. I., & Ritonga, W. A. (2021). Analisis Pengaruh Pemasaran Media Sosial terhadap Minat Beli Produk Online Dengan Manajemen Hubungan Pelanggan dan Ekuitas Merek sebagai Variabel Mediasi. Ecobisma (Jurnal Ekonomi, Bisnis Dan Manajemen), 8(1), 122–137.

Anggraini, N. P. N., Rustiarini, N. W., & Satwam, I. K. S. B. (2022). OPTIMALISASI PEMASARAN DIGITAL BERBASIS MEDIA SOSIAL UNTUK MENINGKATKAN PENJUALAN UMKM. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 6(6), 4888–4896.

Falah, M. I. I., & Setiawan, A. C. (2022). Optimalisasi media sosial dalam meningkatkan citra lembaga pendidikan di masa pandemi Covid-19. Jurnal Inspirasi Manajemen Pendidikan, 10(1), 73–81.

Hendri, R., Yulinda, E., & Arief, H. (2019). Optimalisasi Pemanfaatan Media Sosial untuk Meningkatkan Pemasaran Produk Olahan Ikan Di Desa Hangtuah Kabupaten Kampar Provinsi Riau. Journal of Rural and Urban Community Empowerment, 1(1), 51–60.

Jati, W., & Yuliansyah, H. (2017). Pengaruh strategi pemasaran online (online marketing strategy) terhadap minat beli konsumen. Jurnal Pemasaran Kompetitif, 125. http://download.garuda.kemdikbud.go.id/article.php?article=1051509&val=15747&title=PENGARUH%20STRATEGI%20PEMASARAN%20ONLINE%20ONLINE%20MARKETING%20STRATEGY%20TERHADAP%20MINAT%20BELI%20KONSUMEN%20Studi%20Kasus%20Pada%20Toko%20Online%20Shop%20Azzam%20Store

Kumala, N., & SWW, D. P. W. (2022). OPTIMASLISASI PRODUK CAMILAN DENGAN MANAJEMEN PRODUKS DAN PEMASARAN MELALUI MEDIA SOSIAL. Aptekmas Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 5(1), 1–6.

Ngafifi, M. (2014). Kemajuan teknologi dan pola hidup manusia dalam perspektif sosial budaya. Jurnal Pembangunan Pendidikan: Fondasi Dan Aplikasi, 2(1). https://journal.uny.ac.id/index.php/jppfa/article/view/2616

Nur’aini, R. D. (2020). Penerapan Metode Studi Kasus Yin Dalam Penelitian Arsitektur Dan Perilaku. INERSIA: LNformasi Dan Ekspose Hasil Riset Teknik SIpil Dan Arsitektur, 16 (1), 92–104.

Purwanto, R., Maharrani, R. H., Somantri, O., Wanti, L. P., & Fadillah, F. (2022). Pemanfaatan Digital marketing sebagai Media Informasi Pemasaran Online Produk Usaha Mikro Kecil Menengah Petani Hortikultura Cilacap. Jurnal PkM Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(3), 287–296.

Sari, D. S., Rani, H. A. D., Trisetiyanto, A. N., & Sudomo, R. I. (2022). Pelatihan Strategi Pemasaran Produk secara Online pada Marketplace untuk Pelaku UMKM di Masyarakat Desa Gulang, Kec. Mejobo, Kab. Kudus. TEMATIK, 4(1). https://journals.usm.ac.id/index.php/tematik/article/view/5175

Subandi, S. (2011). Deskripsi kualitatif sebagai satu metode dalam penelitian pertunjukan. Harmonia Journal of Arts Research and Education, 11(2), 62082.

Veranita, M., Almamalik, L., & Ikhsan, S. (2022). Pemanfaatan Pemasaran Melalui Media Sosial oleh UMKM Di Era Pandemi: Studi Kasus pada Usaha Mikro, Kecil, Dan Menengah di Kabupaten Bandung. Coopetition: Jurnal Ilmiah Manajemen, 13(1), 89–96.

Diterbitkan

2024-05-03

Cara Mengutip

OPTIMIZING SOCIAL MEDIA FOR THE MARKETING OF SMES PRODUCTS AT AL-FATIMAH ISLAMIC BOARDING SCHOOL BOJONEGORO (T. W. Saummita, A. P. N. Sholikhah, & N. B. Segara , Trans.). (2024). International Conference On Social Science Education, 1, 349-354. https://doi.org/10.20527/kbe7my51

Artikel Serupa

1-10 dari 15

Anda juga bisa Mulai pencarian similarity tingkat lanjut untuk artikel ini.