Pelatihan Peningkatan Kualitas Pembelajaran Berbasis Portofolio Pada Guru PPKn SMP/MTs di Kabupaten Tanah Laut
DOI:
https://doi.org/10.20527/yhcsfa47Keywords:
Pelatihan, Kualitas Pembelajaran, PortofolioAbstract
Pembelajaran berbasis portofolio merupakan suatu praktik dalam pembelajaran, yaitu inovasi pembelajaran yang dibuat untuk membantu peserta didik memahami materi pembelajaran secara mendalam dan luas melalui pengembangan materi yang telah dikaji dikelas dengan menggunakan berbagai sumber bacaan, referensi, dan informasi lainnya. Pengembangan materi tersebut dapat dilakukan dengan melakukan tinjauan materi yang disajikan oleh guru. Oleh karena itu model pembelajaran dapat diterapkan dalam pembelajaran yang menuntut siswa mencari informasi lalu dikumpulkan menjadi sebuah laporan portofolio.
Downloads
References
Budimansyah, D. (2010). Penguatan Pendidikan Kewarganegaraan Untuk Membangun Karakter Bangsa. Widya Aksara Press.
Budimansyah, D., & Winataputra, S. U. (2007). Civic Education Konteks, Landasan, Bahan Ajar, dan Kultur Kelas. Bandung: Program Studi Pendidikan Kewarganegaraan Sekolah Pascasarjana Universitas Pendidikan Indonesia.
Fajar, A. (2009). Portofolio dalam Pembelajaran. PT Remaja Rosdakar
Hamid, A. (2020). Profesionalisme Guru Dalam Proses Pembelajaran. Jurnal Penelitian Sosial dan Keagamaan: 10(1), Juni.
Herianto, et al. (2023). Mewujudkan Pembelajaran Yang Inovatif di Madrash Melalui Pelatihan Portofolio Berbasis HOTS. Jurnal Gema Ngabdi: 5(1), oo: 68-77. DOI: 10.29303/jgn.v5i1.249
Ratih, D. (2018). Peneraoan Model Pembelajaran Berbasis Portofolio Untuk Meningkatkan Keaktifan Siswa Dalam Pembelajaran PKn Kelas VB Bantul Timur. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar: Edisi 18.
Rohani, et al. (2019). Pengaruh Pembelajaran Berbasis Portofolio dan Kemampuan Awal Terhadap Hasil Belajar Media Pembelajaran Mahasiswa PIAUD. Jurnal Pendidikan Anak: 5(1), Maret.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 DIMASY: Pengabdian Masyarakat
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.