Workshop Kreatif Melukis Tema Kesejarahan Dengan Media Pengayuh Jukung Bagi Mahasiswa dan Anak Untuk Menumbuhkan Nasionalisme

Authors

  • Wisnu Subroto Universitas Lambung Mangkurat Author
  • Dewicca Fatma Nadilla Universitas Lambung Mangkurat Author
  • Helmi Akmal Universitas Lambung Mangkurat Author
  • Fathurrahman Fathurrahman Universitas Lambung Mangkurat Author

DOI:

https://doi.org/10.20527/ztn7qd91

Keywords:

Workshop Kreatif, Melukis Kesejarahan, Media Pengayuh Jukung, Nasionalisme

Abstract

Sebuah karya seni tidak hanya untuk seni semata, tetapi dapat juga dipakai sebagai media menumbuhkan rasa cinta terhadap tanah air. Di dalam menumbuhkan hal itu, maka diadakan workshop untuk menumbuhkan rasa nasionalisme di kalangan mahasiswa dan anak-anak melalui kegiatan melukis dengan tema kesejarahan menggunakan media pengayuh jukung. Jukung adalah perahu tradisional yang banyak ditemukan di daerah Kalimantan Selatan, dan penggunaan pengayuhnya sebagai media melukis menambah nilai budaya dan kearifan lokal dalam karya seni. Seni lukis tidak hanya ditorehkan dalam media kain saja, lewat media kayu pengayuh menjadikan karya seni yang mempunyai nilai tambah. Media pengayuh dapat menyentuh kebutuhan-kebutuhan emosi dan imajinasi sejarah yang dapat membentuk citra diri.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Amalia, R. (2017). Kreativitas Dalam Seni Lukis: Pendekatan dan Metode. Jurnal Seni Rupa: Institut Seni Indonesia.

Dermawan, A. T. (2006). Seni Lukis Indonesia: Dari Masa Ke Masa. Kompas.

Kartodirdjo, S. (1992). Sejarah Nasional Indonesia. Balai Pustaka.

Koentjaraningrat, K. (1985). Kebudayaan Indonesia. Balai Pustaka.

Merryman, J. H. (2016). The Role of Art in Cultural Preservation. Journal of Cultural Heritage, Elsevier, Amsterdam.

Saraswati, D. (2018). Art Education and Nationalism: Integrating Cultural Heritage in Art Curriculum. Jurnal Pendidikan Seni, Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Yogyakarta.

Smith, M. L. (2019). Educational Workshops: Enhancing Creativity and National Identity through Art. Journal of Art Education: National Art Education Association, Reston, Virginia.

Susanto, A. (2015). Pengayuh Jukung: Simbol Budaya dan Identitas Lokal di Kalimantan Selatan. Jurnal Antropologi Indonesia. Departemen Antropologi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Indonesia.

Susanto, M. (2010). Seni Rupa dan Kearifan Sosial. Kepustakaan Populer Gramedia.

Downloads

Published

2024-05-31

How to Cite

Workshop Kreatif Melukis Tema Kesejarahan Dengan Media Pengayuh Jukung Bagi Mahasiswa dan Anak Untuk Menumbuhkan Nasionalisme. (2024). DIMASY: Pengabdian Masyarakat, 1(1), 1-7. https://doi.org/10.20527/ztn7qd91